Kanker Payudara yaitu satu keadaan dimana sel sudah kehilangan ingindalian serta mekanisme wajarnya. Hingga alami bentuk yg tidak normal, cepat serta tak teratasi. Satu diantara type kanker yang umum didapati di orang-orang adalah kanker payudara.

Mencegah Kanker Payudara Secara Dini

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini yaitu type kanker paling umum yang terkena kaum hawa. Golongan pria dapat juga diserang kanker payudara meskipun peluangnya lebih kecil 1 diantara 1000 orang.

Kanker payudara (Carcinoma Mammae) disebutkan sebagai neoplasma yang ganas yang datang dari Parenchyma. Penyakit ini oleh World Health Organization (WHO) di masukan kedalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 17.

Dalam bhs latin, tumor bermakna tonjolan abnormal pada badan yang bisa berlangsung di semua badan, terkecuali rambut serta kuku. Tumor yang ada di payudara dibedakan jadi 3 jenis, yakni :

Bukanlah neoplasma (jaringan baru yang tumbuh abnormal, terus-terusan, tak teratasi walau rangsangannya telah tak ada)
Neoplasma jinak
Neoplasma ganas

Yang disebut neoplasma yaitu kantong nanah, perdarahan dibawah kulit akibat bentrokan, dan kista payudara (kantong-kantong susu yang diisi cairan) Sekitaran 95% wanita diatas 35 th. pada payudaranya diketemukan kista, yanag berlangsung akibat pergantian keseimbangan hormon yang dibuat indung telur. Ukuran kista itu dapat jadi membesar, serta ada yang menghadirkan nyeri, ada juga yg tidak. Kista ini bisa diketemukan lewat kontrol USG (ultrasonografi).

Neoplasma jinak yaitu tonjolan berupa bulat atau lonjong berbatas terang, apabila disentuh dapat berlari-lari seperti kelereng. Sering didapati pada gadis atau ibu berumur muda. Sedang neoplasma ganas lebih di kenal dengan sebutan kanker payudara. Jaringan abnormalnya datang dari beberapa sel kantong susu atau saluran susu, juga dari jaringan ikat penyangganya.

Penyebabnya Kanker Payudara
Hingga sekarang ini penyebab kanker payudara belum di ketahui dengan cara tentu. Tetapi ada kelompok yang dikatakan sebagai grup memiliki resiko untuk terserang kanker payudara. Mereka diantaranya yaitu wanita yang silsilah dalam keluraganya ada yang pernah menanggung derita kanker payudara, wanita yg tidak menikah, wanita yang menikah tetapi tak memiliki anak, wanita yang memiliki anak tetapi tak menyusui anaknya, wanita yang alami hamil pertama kalinya pada umur diatas 35 th., wanita yang alami haid pertama kalinya di umur yang begitu muda (dibawah 12 th.), wanita yang alami menopouse di umur yang begitu tua (diatas 50 th.), serta wanita yang pernah menanggung derita kanker payudara.

Wanita yg tidak termasuk juga dlam grup ini dapat masihlah mungkin saja terserang kanker payudara. Dua aspek lain yang dapat juga tingkatkan peristiwa kanker payudara yaitu pola makan (konsumsi lemak terlalu berlebih) serta ada kelainan pada payudara.

Tanda-tanda Kanker Payudara
Pada step awal kanker payudara tak mempunyai tanda-tanda yang pasti. Keluhan umumnya ada sesudah penyakit telah berlangsung, yakni telah muncul pendesakan atau pelebaran pada jaringan badan di sekitaran tumor. Tumornyapun telah berakar, bahkan juga menyebabkan anak sebar.

Gejala-gejala kanker payudara pada step yang telah bukanlah awal itu (bergantung stadium penyakitnya) diantaranya :

Diketemukan tonjolan yang tak berbatas jelas
1. Tonjolan keras serta tak bergerak
2. Tonjolan jadi membesar kurun waktu sebagian bulan
3. Puting susu keluarkan cairan (dari yang jernih hingga yang memiliki kandungan darah)
4. Puting susu tertarik ke dalam
5. Puting susu alami luka/lecet yg tidak beberapa pulih
6. Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk
7. Kulit payudara alami kemerahan bahkan juga borok yg tidak beberapa pulih
8.Pembesaran kelenjar pada ketiak dapat jadi sinyal telah ada anak sebar.
9. Umumnya sesudah alami beberapa gejala seperti diatas pasien baru memeriksakan diri ke dokter.

Inilah Langkah-Langkah Untuk Memeriksa

Mempelajari

Berdiri atau duduklah di muka cermin, tubuh tegak, posisi ke-2 lengan rapat di samping badan. Cermati bentuk payudara dari depan, samping kanan, serta samping kiri. Saksikan kulitanya, adakah kemarahan, mengkilat, mengerut seperti kulit jeruk, atau borok. Saksikan puting susu, adakah penarikan kedalam, luka atau lecet di sekitaran puting, rasa gatal, cairan keluar dari puting susu, serta warna cairannya.

Memijat

Masihlah duduk atau berdiri di muka cermin, pijatlah (seperti meremas) payudara kiri dengan memakai tangan kanan, kerjakan hal sama pada payudara kanan dengan cara bertukaran. Cermati ketika pemijatan apakah keluar cairan dari puting susu. Cermati warnaya, jika putih jernih peluang ada kista pada payudara. Apabila cairannya berwarna putih susu, mungkin saja ada bendungan di saluran susu. Apabila cairannya kekuningan atau darah, jadi peluang yaitu kanker.

Meraba

Baringkan badan ditempat tidur, punggung ada diatas bantal. Raba payudara kanan memakai tangan kiri, ibaratkan payudara seperti satu jam. Awalilah perabaan pada posisi angka 12. Pakai basic jari, tekan payudara perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Gerakannya dari mulai pinggir payudara menuju puting susu (sebagai pusat). Kerjakan gerakan yang sama dari posisi angka 1, 2 dan sebagainya hingga 11. Kerjakan hal yang sama pada payudara kiri dengan memakai tangan kanan. Untuk meraba daerah ketiak, berdiri atau duduklah di muka cermin. Rentangkan lengan kanan lurus ke samping. Pakai jari-jaritangan kiri, gerakan jari memutar seperti saat berbaring untuk mengecek adakah tonjolan di daerah ketiak kanan serta tulang rusuk sisi samping. Kerjakan hal sama untuk ketiak kiri.

Menghindari Kanker Payudara
1. Melindungi berat tubuh. Melindungi berat tubuh adalah langkah untuk melindungi kesehatan. Untuk mengkalkulasi berat tubuh lewat cara berat tubuh (dalam kg) dibagi kuadran tinggi dalam mtr..

2. Jauhi alkohol. Pemakaian alkohol yaitu yang paling pas untuk menghindar kanker payudara. Studi Kesehatan memberikan konsumsi kian lebih satu minuman mengandung alkohol satu hari bisa tingkatkan resiko kanker payudara sejumlah 20-25 %.

3. Konsumsi buah-buahan serta sayuran. Konsumsilah tujuh atau lebih jumlah sayur serta buah sehari-hari. Sayuran untuk perlindungan kanker payudara meliputi semuanya sayuran (brokoli, kubis, kecambah brussels, kembang kol), sayuran hijau (sawi, kangkung, bayam), wortel serta tomat. Untuk buah yang memiliki kandungan lebih untuk menghindar kanker payudara yaitu jeruk, berry serta ceri.

4. Berolahraga teratur. Banyak riset sudah tunjukkan kalau berolahraga teratur memberi perlindungan yang kuat pada kanker payudara. Kerjakan sepanjang 30 menit untuk beraktivitas aerobik tengah (jalan cepat) dengan cara teratur.

5. Kurangi Lemak. Type lemak dalam diet bisa memengaruhi resiko kanker payudara. Minimalkan mengkonsumsi lemak omega-6, lemak jemu serta lemak trans. Optimalkan konsumsi lemak omega-3, terlebih dari minyak ikan (salmon, tuna, makarel, sarden). Konsumsi minyak tidak jemu tunggal (minyak zaitun, kacang-kacangan/biji, alpukat) sebagai sumber lemak paling utama anda, lantaran makanan itu mempunyai potensi karakter antikanker. Dengan cara spesial, minyak zaitun yaitu sumber mungkin dari polifenol antioksida serta kacang-kacangan serta biji-bijian memenuhi keperluan mineral pelindung kanker.

6. Mengkonsumsi karbohidrat. Minimalkan mengkonsumsi indeks glikemik tinggi yakni nasi putih, kentang putih, gula serta product produk olahan dari nasi, kentang serta gula. Makanan ini menyebabkan pergantian hormonal yang mempromosikan perkembangan sel dalam jaringan payudara.

7. Konsumsi product kedelai. Banyaklah konsumsi product kedelai dengan teratur, seperti tahu, tempe serta susu kedelai. Riset epidemiologi sudah tunjukkan jalinan positif pada mengkonsumsi kedelai serta pengurangan resiko kanker payudara.

8. Minimalkan paparan estrogen farmakologis serta xeno-estrogen. Janganlah mengambil estrogen resep terkecuali ada tanda-tanda medis. Paparan seumur hidup untuk estrogen memerankan utama dalam perubahan kanker payudara. Juga jauhi seperti estrogen senyawa yang diketemukan dalam polusi lingkungan, seperti pestisida serta bahan kimia industri. Dianjurkan memakai product organik bila anda tak dapat menghindarinya jadi cuci product non-organik dengan cara benar.

9. Memikirkan positif serta tak merokok. Ikut serta dalam tingkah laku mengasyikkan diri dengan teratur. Meningkatkan jalinan hangat serta sama-sama untungkan dengan keluarga serta rekan-rekan. Peroleh tidur yang cukup (7-8 jam per malam). Riset tunjukkan kalau merokok periode panjang dihubungkan dengan penambahan resiko kanker payudara pada sebagian wanita.

10. Menyusui. Menyusui bayi Anda sampai saat yang pas. Wanita yang menyusui bayi mereka sekurang-kurangnya sepanjang setahun dengan cara keseluruhan alami penurunan resiko terserang kanker payudara.

Beberapa langkah Lakukan Sadari
Tersebut adalah beberapa langkah Sadari ala Yayasan Kanker Indonesia (YKI).
1. Berdiri tegak. Perhatikan apabila ada pergantian pada bentuk serta permukaan kulit payudara, pembengkakan serta/atau pergantian pada puting. Janganlah cemas apabila bentuk payudara kanan serta kiri tak simetris.

2. Angkat ke-2 lengan ke atas, tekuk siku serta posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan serta perhatikan payudara serta dorong siku ke belakang serta perhatikan bentuk ataupun ukuran payudara. Otot dada dengan sendirinya berkontraksi waktu lakukan gerakan ini.

3. Posisikan ke-2 tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan hingga payudara menggantung serta dorong ke-2 siku ke depan lalu kencangkan otot dada.

4. Angkat lengan kiri ke atas serta tekuk siku hingga tangan kiri memegang sisi atas punggung. Dengan memakai ujung jari tangan kanan, raba serta tekan ruang payudara, dan perhatikan semua sisi payudara kiri sampai ke ruang ketiak. Kerjakan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran serta gerakan lurus dari arah pinggir payudara ke puting, serta demikian sebaliknya. Ulangilah gerakan yang sama pada payudara kanan.

5. Cubit ke-2 puting. Perhatikan apabila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah selekasnya ke dokter kalau hal semacam ini berlangsung.

6. Pada posisi tiduran, tempatkan bantal dibawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Perhatikan payudara kanan serta kerjakan tiga pola gerakan seperti terlebih dulu. Dengan memakai ujung jari-jari, tekan semua sisi payudara sampai ke sekitaran ketiak. Ulangilah langkah ini pada segi berlawanan, untuk menyimak payudara samping kiri.

Demikian ulasan kami berikan, jagalah kesehatan anda dengan pola sehat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements